Pengertian Aset Digital Mata Uang Virtual

 Pengertian Aset Digital Mata Uang Virtual Serta Cryptcourrency


aset digital

Banyak yang salah mengartikan kalau Aset digital sacara langsung sama dengan uang digital, padahal kedua kalimat tersebut berbeda artinya.

Cryptocurrency memang benar aset digital, tetapi aset digital tidaklah sesempit mata uang digital yang kita pahami secara umum, ada beberapa sisi yang membedakannya.

Ada kesalahpahaman dalam istilah "aset digital" dan " cryptocurrency " selama ini yang kita ketahui,
Cryptocurrency seperti Bitcoin, Litecoin, Ethereumcoin dan lainnya pada awalnya di buat dan di rancang untuk digunakan sebagai mata uang yang di prediksi mampu mengganti uang real atau tunai di masa depan, dan sementara aset digital memilki tujuan yang lebih besar ketimbang sebagai alat pembayaran saja.

Cryptocurrency

Secara tradisional pengertian aset digital seharusnya tidak di anggap cryptocurrency.
Mata uang seperti Bitcoin, Litecoin, dll memiliki ruang lingkup asli dan fitur mereka sendiri, tidak seperti aset digital yang di bangun di atas lapisan blockchain lainnya.
Perbedaan utama aset digital dan mata uang virtual:
Cryptocurrency atau mata uang digital umumnya dapat di tambang, sementara,
aset digital biasanya di keluarkan selama penawaran coin awal atau promosi coin dan sering kali tidak dapat di tambang.

Aset Digital

Secara singkat aset digital adalah data dalam bentuk file biner yang di simpan di komputer atau smartphone. Aset ini dapat di lihat sebagai barang nyata yang sering di claim kepemilikan dan kontrol atas nilainnya.

Munculnya teknologi blockchain mendorong para pengembang untuk menciptakan aset digital baru, banyak aset digital saat ini didasarkan pada token berbasis blockchain, yang telah di bangun di blockchain Bitcoin atau blockchain Ethereum.

Aset digital yang di bangun di atas blockchain bitcoin atau Ethereum bisa di sebut bermitra, platform ini berguna untuk membuat atau mengembang kan tokennya sendiri di blockchain sekaligus hak untuk menetukan parameter bagaimana fungsi dan projectnya kelak.

Ada beberapa jenis aset digital menurut list di coinmarketcap.
  • Augur (REP) : merupakan alat peramalan keuangan terdesetralisasi yang memberi reward kepada pengguna yang memprediksi secara akurat pada topik apapun bahkan topik di dunia nyata
  • Iconomi (ICN) : merupakan platform yang memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam porotfolio aset digital.
  • Golem (GNT) : merupakan superkomputer desentralisasi berbasis Ethereum yang menawarkan pembagian komputasi.

Sebenarnya masih banyak aset digital lainnya yang mempunyai kelebihan masing-masing.
Di indonesia sendiri ada larangan penggunaan mata uang lain selain Rupiah (IDR) sebagai alat pembayaran, maka mata uang seperti Bitcoin, Litecoin dan crypto lainnya di anggap sebagai aset digital, atau bisa di sebut emasnya digital.

Di kutip dan di edit dari
https://www.duniafintech.com/mengenal-aset-digital-mata-uang-virtual/

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter