Pengertian Blockchain

Apa itu Blockchain, dan bagaimana cara kerjanya?

Sebagian orang sudah tau apa itu bitcoin dan sudah meraup hasil dari berbagai cara seperti mining, trading, faucet, giveway. Tapi sebagian orang hanya mengetahui cara mendapatkan hasilnya saja, tapi taukah anda, bahwa bitcoin atau cryptocurrency lainnya di ciptakan melalui blok-blok atau rantai perhitungan yang saling berhubungan yang menampung transaksi.

Cara kerja Blockchain


Sistem blockchain terdiri dari dua jenis record antara lain transaksi dan blok, transaksi di simpan dalam blok dengan rangkaian peer to peer ( saling terhubung ).
Setiap blok terdiri dari hash ( mempercepat, kecepatan mentranfer ), transaksi, kriptografi ( kode ), sehingga membentuk jaringan dan menyelesaikan perhitungan di bungkus di dalam blok.

Blok inilah yang menciptakan bitcoin, dan cryptocurrency lainnya, semua hasil transaksi tercatat di dalam blok, secara garis besar, Blockchain adalah buku besar yang mencatat transaksi, alamat, jumlah, nominal, dan lainnya.

Seperti gambar di bawah ini rangkaian blockchain

block
https://id.wikipedia.org/wiki/Blockchain

Formasi blockchain rangkaian utama blok hitam, terdiri dari serangkaian blok terpanjang dari genesis blok hijau, menuju blok terkini orphan blok ungu, ada di luar rantai utama.


Blockchain aman?


Blockchain menawarkan sistem yang aman jauh lebih aman dari perbankan tradisional.
Proteksi kriptografi, teknologi terdesentralisasi, data tidak dapat di ubah maupun di edit, serta tingkat privasi yang sangat baik. Sistem ini membuat ideal untuk transaksi keuangan dan penyimpanan informasi penting.

Di edit dari sumber https://www.duniafintech.com/apa-itu-blockchain-semua-yang-perlu-anda-ketahui/

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter